Karena Urusan Politik Al hallaj Dan Ajaranya Di Eksekusi

Karena Urusan Politik Al-hallaj Dan Ajaranya Di Eksekusi – Sedikit saja saya ngomong.. Bisa tafsir politiknya. Tafsir politiknya itu ada orang membaca fenomena al-hallaj itu sebenarnya fenomena urusan politik, Kenapa dia dieksekusi bukan urusan agama dan ajaran-ajarannya. Al-hallaj itu bisa ditafsirkan secara politik.

TELAAH AJARAN TASAWUF AL-HALLAJ,PEMIKIRAN TASAWUF AL-HALLAJ,Sufi Al-Hallaj, prinsip prinsip ajaran tasawuf mansur al hallaj, karya karya al hallaj,

Saya bilang tadi sedikit di depan, misalnya Al-hallaj ini orang Persia yang taklukanya Islam. Dan sampai hari ini namanya Persia Arab, Arab non-arab itu kan selalu Rival selalu saingan. Sampai detik ini Iran dan timur tengah itu kan masih brank.

Terus, jaman itu orang-orang Persia orang taklukan itu namanya kelompok mawali. Jadi orang mawali itu orang-orang mualaf termasuk orang Persia yang sepintar apapun dia, sejago apapun dia, tidak akan bisa jadi pimpinan, dia harus hanya ngawal. Hanya Jadi pegawainya.

Orang-orang Arab zaman itu, dan dianggap karena dianggap tidak pintar agama dia harus bayar pajak kayak kafir dzimmi. Dan tidak boleh menduduki jabatan. Akhirnya apa? ajarannya Al-hallaj bisa dibaca semacam ini.

Hulul itu berarti kayak tadi, setiap manusia punya hak untuk ketemu dengan Allah. kesetaraan ndak harus Arab dan non Arab ndak harus mayoritas dan minoritas. Itu sebenarnya visi disamping kedalamannya tadi ada implikasi politiknya.

Nur Muhammad juga begitu, orang Arab itu kan zaman itu agak merasa besar karena nabi turun di Arab. Nah terus lahirlah teori Nur Muhammad. Nur Muhammad itu, nurnya Muhammad itu ngak cuma miliknya Nabi Muhammad semua nabi bahkan para wali juga punya itu. Nah itu sekarang ada saingannya sekarang, ngak cuma Nabi Muhammad.

Karena sekarang ada Nur Muhammad, lebih esensial daripada Nabi Muhammad. Sama WAHDATUL ADYAN juga begitu, bangsa Persia yang non-muslim yang zoroaster itu kan biasanya agak terdiskriminasi harus membayar upeti. Ajaran wahdatul Adyan dari para sufi Persia itu meminimalisir ini. Biar orang melihat bahwa yo sama-sama beragama, akarnya sama jangan saling mendiskriminasi.

Dan yang terakhir iblis dan Firaun. Ini sebenarnya diskusi teologis. Jadi al-hallaj ini agak Pro dengan murji’ah melawan para mutakallim. itu sebenarnya mau ngeritik. Iblis dan Firaun yang sangat.. Iblis itukan sangat tauhid. satu-satunya yang disembah hanya Allah dan disuruh sujud ke Adam enggak mau. Dan orang yang setauhid Puncak kayak gini aja nggak selamet, masuk neraka. Maka manusia yang merasa tauhidnya tinggi jangan sombong. Kamu tetep ngak bisa mengalahkan iblis. Kalau urusan menomer satukan Allah, kan gitu sindirannya ke situ sebenarnya.

Para mutakallim itu kan sering merasa imannya lebih tinggi lebih ngerti agama begitu kamu merasa kayak gini, itu sebenarnya kamu sudah kalah sama iblis. Iblis itu kan ya kalahnya karena merasa tinggi itu, dan tauhidnya sebenarnya dia puncak hanya agak sombong. Maka siapapun Wahid yang sombong sebenarnya dia iblis. Lho kan gitu..

Maka orang yang mengklaim dirinya beriman bertauhid tapi sombong, pokoknya allah nomor satu. membela Allah,bela Islam tapi sombong maka dia sebenarnya tipenya tipe “IBLIS” kamu yang ngomong bukan aku Oke, kritiknya Al-hallaj.. Itu kalau dibaca secara politik. cuma yang terakhir ini, yang politik ini, ini yang bisa kita diskusikan panjang. Silahkan buka forum sendiri untuk bahas ini.

Oke, Alhamdulillah sudah selesai dengan al-hallaj. Minggu depan kita lanjutkan dengan muridnya “Syekh Siti Jenar” bukan muridnya, penerus ajarannya di Jawa. Insya Allah kita ketemu minggu depan kurang lebihnya mohon maaf, wallahualam bishowab wassalamu’alaikum warahmatullahi

Terima kasih karena membaca artikel kami yang berjudul Karena Urusan Politik Al-hallaj Dan Ajaranya Di Eksekusi Bagi temen-temen yang menyukai video seputar kajian islam dan ceramah ustadz, silakan subscribe channel kami. InsyaAllah akan ada update video terbaru setiap hari.

Kami membuat postingan tentang Karena Urusan Politik Al-hallaj Dan Ajaranya Di Eksekusi ini, karena banyak yang mencari informasi tentang ” TELAAH AJARAN TASAWUF AL-HALLAJ,PEMIKIRAN TASAWUF AL-HALLAJ,Sufi Al-Hallaj, prinsip prinsip ajaran tasawuf mansur al hallaj, karya karya al hallaj, ajaran al hallaj tentang hulul, puisi al hallaj, isi kitab al hallaj, pertanyaan tentang al hallaj, kata mutiara al hallaj, al hallaj dan syekh siti jenar, ” Dan lain sebagainya,

Lihat lainya

TELAAH AJARAN TASAWUF AL-HALLAJ,PEMIKIRAN TASAWUF AL-HALLAJ,Sufi Al-Hallaj, Syahid Mempertahankan Al-Hulul,Inti Ajaran Al-Hallaj yang Wajib Anda Ketahui,Apa yang anda ketahui tentang tokoh tasawuf Al-Hallaj dan bagaimana konsep tasawufnya? Bagaimana menurut Anda tentang konsep hulul dari Al-Hallaj? Siapa tokoh tasawuf yang terkenal dengan ajaran hulul?

Al-Hallaj, Tokoh Sufi Penuh Kontroversi, HUSAIN AL-HALLAJ DAN AJARANNYA, Al-Hallaj, Tragedi Kematian dan Ekspresi Mistiknya, Siapakah tokoh tasawuf yang terkenal dengan ajaran hulul?, Ngaji Filsafat 112 : Al Hallaj, kata mutiara al hallaj, syair al hallaj kematian, puasa menurut al hallaj, pertanyaan tentang al hallaj, al hallaj dan ajaran tasawufnya, ajaran al hallaj tentang hulul, doa al hallaj, tokoh sufi kontroversial,

Mohon maaf juga bila ada kesalahan dalam penulisan, tanda baca, susunan paragraf dan sebagainya. Sekiranya Posingan Karena Urusan Politik Al-hallaj Dan Ajaranya Di Eksekusi ,ini bermanfaat, Silakan berbagi!.

SUMBER KAJIAN :

Ngaji Filsafat Dan Aqidah Islam :
YouTube MJS Channel | Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta | Bersama Dr. Fahruddin Faiz | Website : http://mjscolombo.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *